27 Mei 2010

Cara Ngetik Arab di Ms Word

,
Kita bisa melihat gambar disamping. Tulisan arab berikut bukanlah hasil copy paste dari suatu situs atau software, tetapi tulisan arab berikut merupakan hasil ketikan sendiri. Bagaimana caranya?

Caranya, agar kita bisa mengetik huruf arab pada Ms Word adalah dengan mengganti default type keyboard di control panel. Tapi justru di situlah masalahnya, karena kita pasti tidak akan bisa menemukan default keyboard arabic pada menu di control panel tersebut. Agar kita bisa menginstallkan default keyboard arabic pada komputer kita, anda bisa mengikuti cara berikut:

> Untuk persiapan, kita siapkan CD XP (mau sp berapa juga boleh), dan jangan lupa siapin buku daftar dari huruf-huruf arab yang ada di keyboard.
> Lalu masuk ke menu Control Panel, dan cari Regional and Languange Options.
> Pilih tab Language, lalu centang pada box "Install files for complex script.....", lalu akan muncul kotak dialog berikut:

























> Klik Ok, dan masukkan CD XP
> Klik pada tombol Apply, dan komputer kita akan memulai proses pengcopy-an file









> Setelah proses pengcopy-an file selesai, komputer kita akan meminta untuk restart. Klik Ok
> Setelah komputer nyala lagi, masuk kembali ke menu Control Panel - Regional and Language Options
> Pilih tab Language lalu Klik Tombol Details




















> Pilih tombol Add
> Setelah muncul kotak dialog baru seperti dibawah, ganti parameter "Input language" menjadi "Arabic (Saudi Arabia) dan parameter "Keyboard layout/IME" menjadi "Arabic (101). Lalu Klik Ok











> Berikut ini tampilan jika layout keyboard yang Saudi Arabia telah terinstall.




















> Ganti parameter yang dropdown yang asalnya "English (United States) - US" menjadi "Arabic (Saudi Arabia) - Arabic (101)".
> Setelah penggantian selesai, klik Apply lalu klik Ok.
> Sekarang masuk ke Ms Word, lalu lihat pada status bar yang ada pada bagian bawah jendela Ms Word.


> Apabila Sudah terdapat kata "Arabic (Sau" (seperti gambar diatas), maka kita hanya tinggal mengganti huruf menjadi "Traditional Arabic" dan langsung mengetik arab. Tetapi jika masih English, tekan Alt + Shift, lalu lihat pada status bar. Coba berulang-ulang apabila pada status bar belum berubah.

Semoga Bermanfaat. ^^

3 komentar: